Sabtu, 10 April 2010

claybath

Pendahuluan
Nut Craker dan Ripple Mill adalah alat yang dipakai untuk memecah nut sehingga menjadi inti dan tempurung.
Nut cracker adalah alat yang dipakai untuk memecah biji yang telah diperam dan dikeringkan didalam silo. Pemecahan ini terdiri dari rotor yang berputar dengan kecepatan 1000-1500 rpm, didalam stator. Biji yang berasal dari Nut Grading Screen masuk melalui rotor, dengan gaya sentrifugal biji keluar dan terbanting pada stator.
Ripple Mill adalah alat yang dapat memecah biji tanpa melalui pemeraman dalam nut silo asalkan dalam proses perebusan dilakukan dengan sempurna yaitu tekanan rebusan 3 kg/cm2 dengan system 3 puncak selam 90 menit, yang setara dengan kadar air 15%.
Namun, dari kedua alat pemecah nut tersebut, hasilnya masih berupa campuran antara inti dan tempurung. Oleh karena itu, init dan tempurung ini harus dipisah agar memudahkan pengolahan inti.

Gambar 1. Alur Pemisahan Inti dan Cangkang














Claybath
Tanah liat dapat tersuspensi dalam air dan memiliki berat jenis larutan di atas satu, tergantung dari konsentrasi tanah liat yang dilarutkan. Larutan ini dapat digunakan untuk memisahkan dua kelompok padatan yang memiliki berat jenis (BJ) yang berbeda. Inti sawit basah memiliki berat jenis 1,07 sedangkan cangkang 1,15-1,20. Maka untuk mwmisahkan inti dan cangkang dibuat BJ larutan 1,12 sehinga initi mengapung dan cangkan akan tenggelam.
Hasil gilingan pemecah biji masuk kedalam bak dan inti mengapung sedangkan cangkang bergerak kedasar bak. Inti yang mengapung ditangkap dengan menggunakan talang dan diayak serta disiram dengan air agar inti bebas tanah liat, sedangkan cangkang dihisap dari dasar bak dan dipompakan kedalam saringan kemudian dikirim ke shellhopper.
Agar sifat suspensi tanah dapat stabil, maka dilakukan pompa sirkulasi agar tidak terjadi pengendapan tanah liat. Akibat pertambahan zat yang tarsuspensi seperti debu dari inti maka terjadi perubahan berat jenis cairan sehingga efisiensi pemisahan akan menurun. Oleh sebab itu, perlu dilakukan control setiap waktu secara terjadwal.
Faktor yang mempengaruhi efisiensi pengolahan:
1. Berat jenis suspensi. Pemisahan inti disebut “continous process”, dan berat jenis dapat berubah akibat pertambahan zat tersuspensi yang berasal dari pecahan biji yang memilki berat jenis yang berbeda dengan tanah liat. Akibatnya pemisahan init dan cangkang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mempertahankan suspensi maka sering dilakukan penyesuaian BJ dengan penambahan tanah liat atau penggantian suspensi secara terjadual.
2. Kualiatas tanah liat. Karena kesulitan memperoleh tanah liat maka sering orang mencari tanah liat seperti kaolin. Kaolin memiliki warna dan sifat yang baik, akan tetapi harganya tinggi. Orang mencoba dengan menggunakan kapur (CaCO3), akan tetapi didapat bentuk suspensi yang tidak baik, hal ini dapat terlihat jika pemompaan berhenti maka kapur langsung mengendap dan sangat sulit untuk mengaktifkan kembali. Juga kapur memiliki sifat tidak baik yaitu terjadinya pembentukan busa yaitu terjadinya pembentukan busa sehingga mempersulit pemisahan inti.





Gambar 2. Clay bath

PENGAMBILAN TITIK SAMPEL PADA CALYBATH
Pengambilan titik sampel di suatu stasiun bertujuan untuk menguji tingkat efisiensi pengolahan pada stasiun tersebut. Namun, pada PKS Kertajaya tidak menggunakan teknologi claybath. Sehingga referensi langsung mengenai titik pengeambilan sampel tidak berhasil praktikan dapatkan. Mengingat juga keterbatasan ilmu dan juga praktikan sendiri juga belum pernah melihat langsung proses pengolahan pada claybath, maka uji titik sampel yang ditampilkan adalah dari referensi materi yang berhasil praktikan dapatkan, yaitu “Proses Kontrol Pabrik, PT. Citra Widya Edukasi”.
Adapun ukuran efisiensi pengolahan di Clay bath dapat dilihat dari:
1. Uji Kehilangan kernel di Claybath
Sasaran
Memperkirakan kehilangan kernel di claybath
Lokasi Pengambilan Sampel
Tempat pengeluaran cangkang claybath
Frekuensi Pengujian
Satu kali pengujian per shift untuk tiap line
Metode Pengujian
Sampel cangkang claybath disortir menggunakan metode standard Analisa Inti Sawit
Kalkulasi
%kehilangan kernel di claybath terhadap TBS
= 100 x 5,75% x 40% x %kehilangan kernel x 0,9

Catatan
1) 5,75% merupakan persentase cangkang terhadap TBS
2) 40% merupakan proporsi cangkang di aliran keluar claybath.
3) 0,9 merupakan faktor koreksi terhadap moisture yang ada di kernel
4) %Kehilangan kernel diambil dari nilai rata-rata tiap line

2. Uji Kernel Claybath
Sasaran
Memperkirakan kualitas sebaran kernel di claybath
Lokasi Pengambilan Sampel
Di bawah sistem pengeluaran kernel claybath
Frekuensi Pengujian
Satu kali pengujian per shift untuk tiap line
Metode Pengujian
Sampel kernel claybath disortir menggunakan metode standard Analisa Mutu Inti Sawit (Citara Widya Edukasi, 2008)

5 komentar:

  1. salam,. saya zul boleh saya dapatkan senarai contact pembekal claybath.. sila email ke zul_cole@yahoo.com atau beta.intelek@gmail.com

    BalasHapus
  2. informasi yang menarik tentang clay bath.

    BalasHapus
  3. Terimksh sy jd tahu berat jenis cangkangcangkang

    BalasHapus
  4. PT. Panjiwira Surya Mandiri merupakan produsen Calcium Carbonate, Dolomite dan Kapur Pertanian.
    Kami siap mendistribusikan untuk keperluan PKS dan Perkebunan.
    Info dan Pemasaran : 085265918610
    hery.panjiwira@gmail.com

    BalasHapus